Sabtu, 19 April 2008

Pemasaran Melalui Search Engine


Search engine optimization (SEO) suatu proses meningkatkan pengunjung yang berkualitas pada situs dari search engine (mis: google, yahoo, msn/live) dengan cara yang netral dari hasil pencarian atas suatu kata kunci yang ditargetkan.

Sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan relevansi situs atas suatu kriteria, SEO mempertimbangkan bagaimana cara kerja search engine (dalam memilih suatu situs) dan apa yang orang cari dari suatu produk. Cara kerja mesin google, yahoo dan msn berbeda-beda, sehingga kita harus mempertimbangkan search engine mana yang akan kita target. Google merupakan search engine terbesar sampai saat ini, sehingga fokus kita dapat dengan mudah di berikan untuk google.

Pemasaran dengan search engine seperti bermain dibelakang layar. Kita tidak perlu berinteraksi langsung dengan konsumen untuk memasarkan barang kita. Konsumen sudah seperti percaya kepada search engine untuk mendapatkan suatu barang/jasa. Setelah konsumen menemukan situs kita, mereka akan mempertimbangkan apakah situs tersebut dapat dipercaya dan kemudian melakukan proses pembelian atau mengambil informasi dari situs. Kepercayaan dari pengunjung dapat diberikan melalui banyak hal, misalnya desain situs yang profesional, pengakuan dari pihak lain, atau jaminan keamanan seperti data yang di enkripsi.

SEO dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu optimasi didalam halaman situs dan optimasi diluar situs. Optimasi didalam halaman situs berkaitan langsung dengan isi dari situs kita, apakah sudah relevan dengan produk/jasa atau belum dan menurut pada aturan dari search engine. Optimasi diluar situs merupakan cara memaksimalkan situs kita tanpa mengubah isi situs kita, hal yang bisa dilakukan adalah membuat link dari situs lain ke situs kita, biasa disebut link building.

Pertama dan perlu diingat: SEO memerlukan waktu dan kesabaran, SEO bukan hal yang instant, perlu kerja keras, keuletan, do'a dan berkah Tuhan :D

Tidak ada komentar: